(tesis) Transparansi Pemerintah Dalam Membuat Peraturan Perlu Ditinjau Ulang.

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

(Tesis) Transparansi pemerintah dalam membuat peraturan perlu ditinjau ulang.

(Rangkaian Argumen) Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo mencabut larangan ekspor benih lobser. Peraturan tersebut menimbulkan banyak kecaman publik karena pasar perdagangan lobster rata-rata dipegang kaum elit. Rupanya kecurigaan publik terbukti. Edhy ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait kasus ekspor benih lobster pada 25 November 2020.

(Penegasan Ulang) Melalui kasus ini, transparansi terkait peraturan yang ditetapkan pemerintah secara sewenang-wenang perlu diawasi dengan ketat.

Sebutkan Istilah-istilah Yang ada Di dalam Teks Eksposisi di atas!

Jawaban:

Kelas: 10
Topik: Teks Eksposisi

Hai Rizki S.

Teks eksposisi adalah teks atau tulisan yang berisi informasi dan pengetahuan. Informasi ini didapat berdasarkan fakta atau kejadian yang benar-benar terjadi. Selain itu, di dalam teks eksposisi juga terdapat pendapat (argumen) dari penulis. Ciri kebahasaan dalam teks eksposisi, antara lain (1) menggunakan kata teknis yang berkaitan dengan tema teks; (2) menggunakan kata kerja mental yang dapat mengekspresikan sikap atau respons seseorang terhadap suatu tindakan; (3) menggunakan kata perujukan, seperti ini, itu, tersebut, dan sebagainya; (4) menggunakan kata persuasif yang mengandung makna ajakan, larangan, imbauan; (5) menggunakan kata denotatif, yakni kata dengan arti sebenarnya; dan (6) menggunakan konjungsi kausalitas yang berhubungan dengan sebab-akibat, seperti oleh sebab itu, agar, supaya, dapat, dan sehingga; serta konjungsi temporal yang menunjukkan urutan waktu, seperti sementara, setelah itu, selanjutnya, dan sebagainya.

Teks eksposisi di atas membahas perihal transparansi pemerintah dalam membuat peraturan yang dianggap perlu ditinjau ulang. Berdasarkan topik yang dibahas, teks eksposisi tersebut banyak menggunakan istilah teknis yang beraitan dengan kebijakan.

Dengan demikian, berikut adalah istilah yang digunakan dalam teks eksposisi di atas.
1. Transparansi
2. Ekspor
3. Kaum elit
4. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)
5. Sewenang-wenang

 

Semoga jawaban diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment