Tokoh Peristiwa Pemberontakan Rms Adalah ….

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

Tokoh Peristiwa Pemberontakan RMS adalah ….

Jawaban:

Tokoh pejuang NKRI dalam pemberontakan RMS adalah:

Dr. Johannes Leimena
Brigardir Jenderal Slamet Riyadi dan
Kolonel Alex Kawilarang

Penjelasan:

Pemberontakan Republik Maluku Selatan (RMS) terjadi pada 25 April 1959, dipimpin oleh Chris Soumokil, mantan Jaksa Agung Negara Indonesia Timur. Pemberontakan ini berpusat di kota Ambon, dan pulau sekitarnya seperti pulau Seram.

Salah satu penyebab meletusnya pemberontakan RMS adalah banyak bekas prajurit KNIL (Tentara Kolonial Hindia Belanda) asal Maluku yang kecewa karena pengakuan kemerdekaan Belanda kepada Indonesia. Mereka juga menolak bergabung dengan APRIS (Angkatan Perang Republik Indonesia Serikat).

Awalnya, pemerintah berupaya menyelesaikan konflik dengan RMS melalui jalan damai, dengan mengirim misi perdamaian yang dipimpin oleh seorang tokoh Maluku, Dr. Johannes Leimena. Namun, misi yang diajukan tersebut ditolak oleh Soumokil.

Akhirna pemerintah terpaksa melakukan penumpasan pemberontakan ini, dengan mengerahkan pasukan Gerakan Operasi Militer (GOM) III yang dipimpin oleh Brigardir Jenderal Slamet Riyadi dan Kolonel Alex Kawilarang, dalam “Operasi Pasupati”.

Pada tahun 1950, Ambon dan Namlea berhasil direbut. Pada tahun 1963, Chris Soumokil berhasil di tangkap. RMS berhasil digagalkan dan para pendukungnya yang tersisa melarikan diri ke Belanda.
 

Semoga jawaban dan penjelasan diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment