. Tokoh Yang Berpendapat Bahwa Islam Yang Masuk Ke Nusantara Langsung Dibawa Oleh Para Musafir Arab Atau Mesir Adalah ….

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

. tokoh yang berpendapat bahwa islam yang masuk ke nusantara langsung dibawa oleh para musafir arab atau mesir adalah ….
a. snouck hurgronye
b. haji abdul malik karim amrullah
c. hoesein djajadinignrat
d. pijnapel
e. moquetta

Jawaban:

Jawabannya adalah B.

Penjelasan:

Haji Abdul Malik Karim Amrullah atau yang dikenal juga dengan nama Buya Hamka, merupakan seorang tokoh sejarawan ikut menjelaskan mengenai awal mula masuknya Islam di Indonesia. Menurutnya, agama Islam yang masuk ke Indonesia, berasal langsung dari Arab pada abad ke 7 M, yang dibawa oleh para musafir Arab atau Mesir. Bukti yang mendukung pendapatnya adalah adanya pemukiman Arab di pesisir Sumatera Barat yang telah muncul sejak abad ke 7 M. Selain itu bukti lain yang mendukung pendapatnya adalah mazhab Islam yang digunakan mayoritas masyarakat muslim di Indonesia adalah mazhab Syaf’i. Hal ini sesuai dengan mazhab yang berkembang di Mesir sebagai wilayah awal perkembangan mazhab Syafi’i.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.

 

Semoga jawaban dan penjelasan diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment