Tujuan Bangsa Eropa menguasai Indonesia adalah?

Halo kawan kawan,
Mari kita bahas persoalan berikut ini

Soal:

Tujuan Bangsa Eropa menguasai Indonesia adalah?

Jawaban:

Tujuan Bangsa Eropa menguasai Indonesia:

•Mendapatkan dan menguasai Rempah-Rempah
•Menyebarkan agama atau kepercayaan di Eropa
•Menguasai atau memasuki jalur perdagangan di Asia
•Menyalurkan hasil produksi dari eropa ke Indonesia
•Menambah wilayah ekpansi atau pemerintahan.

Penjelasan:

Rempah-rempah adalah sebuah sumber komoditi perdagangan yang sangat dibutuhkan di Eropa pada abad 15. Hal ini dikarenakan kebanyakan fungsi rempah-rempah selain sebagai penyedap makanan murni dari alam dan juga sebagai penghangat tubuh pada saat musim dingin.

Pada abad ke 15, Kerajaan Eropa sedang berkonflik dengan kerajaan di Timur Tengah lebih tepatnya ke kerajaan Turki Utsmani. Perang ini memperebutkan sebuah kota yang dianggap suci oleh tiga agama besar yang berpengaruh pada masa itu di dunia yaitu Kristen yang mayoritas pemeluknya adalah masyarak Eropa dan Islam yang mayoritas agama yang dipeluk oleh kerajaan Turki Utsmani dan Timur tengah. Perang ini disebut dengan Perang Salib. Peperangan ini dimenangkan oleh kerajaan Turki Utsmani ditandai dengan jatuhnya kota Kontantinopel yang pada saat itu berada dibawah kekuasaan bangsa Romawi.

Jatuhnya Konstantinopel ke tangan Turki Utsmani membuat putusnya perdagangan rempah-rempah di Eropa. Hal ini menyebabkan rempah-rempah yang tadinya melimpah di Eropa menjadi menipis. Hal inilah yang mendorong bangsa Eropa untuk berlayar ke dunia timur yaitu untuk mencari rempah-rempah langsung ke negara yang memproduksinya.

Selain didorong oleh faktor rempah-rempah, banyak warga Eropa yang melakukan penjelajahan ke samudera. Hal ini dilakukan oleh penduduk eropa karena ingin mengetahui apakah bumi ini bulat atau datar seperti yang diungkapkan oleh gereja Khatolik. Para misionaris Eropa juga berniat untuk menyebarkan agama Kristen di Wilayah Asia atau daerah kekuasaan di Eropa

Semoga jawaban atau penjelasan diatas dapat membantu kawan kawan ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

Salam sukses selalu

Leave a Comment