Tuliskan dampak positif dari letak Geologis terhadap wilayah Indonesia?

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas persoalan berikut ini

 

Soal:

Tuliskan dampak positif dari letak Geologis terhadap wilayah Indonesia?

Jawaban:

Beberapa dampak positif dari letak geologis Indonesia adalah memiliki kondisi tanah yang subur dan kaya akan bahan tambang serta mineral.

Penjelasan:

Indonesia secara geologis berada di pertemuan tiga lempeng tektonik aktif yaitu lempeng Eurasia, Pasifik, dan Indo Australia. Kemudian Indonesia juga dilalui oleh dua jalur pegunungan muda yaitu Sirkum Pasifik dan Sirkum Mediterania. Kedua hal ini menyebabkan Indonesia memiliki banyak gunung berapi aktif, dimana wilayah Indonesia memiliki sekitar 400 buah gunungapi (30% dari seluruh gunungapi di dunia), dan 128 diantaranya dinyatakan masih aktif. Sehingga Indonesia sering mengalami erupsi gunung berapi. Dimana bahan material yang dihasilkan dari erupsi gunung api tersebut akan mengalami pelapukan dan menghasilkan tanah vulkanis yang subur. Hal ini lah yang menyebabkan sebagian besar Pulau Jawa, Pulau Sumatera, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Bali, Nusa Tenggara dan wilayah lainnya yang merupakan daerah subur dan cocok untuk kegiatan pertanian dan perkebunan. Selain itu, juga terbentuknya batuan yang dari pembekuan magma di bawah permukaan bumi yang mengandung mineral-mineral atau bijih logam seperti platina, emas, perak, besi, tembaga, mangan dan lain-lain. Sehingga dengan Indonesia yang memiliki banyak gunung api berarti juga memiliki potensi bahan tambang yang sangat melimpah.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat beberapa dampak positif dari letak geologis Indonesia, yaitu memiliki kondisi tanah yang subur dan kaya akan bahan tambang serta mineral.

 

 

 

 

Semoga jawaban atau penjelasan diatas dapat membantu kawan kawan ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

Leave a Comment