Tuliskan kronologi peristiwa sumpah pemuda?

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas persoalan berikut ini

 

Soal:

Tuliskan kronologi peristiwa sumpah pemuda?

Jawaban:

Sumpah Pemuda lahir akibat adanya persatuan dari pelajar seluruh Indonesia dan peristiwa Kongres Pemuda, yang menyatakan bertumpah darah, berbahasa, dan berbangsa satu Indonesia.

 

Penjelasan:

Gerakan kepemudaan semakin berkembang pesat sejak diberlakukannya kebijakan politik etis oleh pemerintah kolonial pada awal abad ke-20 M. Para pemuda pelajar kemudian berhimpun dan mendirikan organisasi-organisasi pelajar yang berfokus pada bidang pendidikan, salah satu diantaranya adalah Perhimpunan Pelajar Pelajar Indonesia. Dalam perkembangannya Perhimpunan Pelajar Pelajar Indonesia menjadi salah satu motor penggerak terselenggaranya Kongres Pemuda yang diadakan dalam dua pertemuan, yakni Kongres Pemuda I (30 April – 2 Mei 1926) dan Kongres Pemuda II (27 – 28 Oktober 1928). Bahkan, ketua Perhimpunan Pelajar Pelajar Indonesia, yakni Soegondo Djojopoespito menjadi ketua dalam Kongres Pemuda II. Kongres Pmeuda II yang dilaksanakan di Jakarta pada bulan Oktober tahun 1928 tersebut kemudian menghasilkan 3 keputusan, yang di kemudian hari disebut sebagai Sumpah Pemuda.

 

 

 

Semoga jawaban atau penjelasan diatas dapat membantu kawan kawan ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

Leave a Comment