Tuliskan urutan langkah – langkah untuk mengetahui hasil Output dari program, yaitu dengan menjalankan program / eksekusi program tersebut

Halo kawan kawan,
Mari kita bahas persoalan berikut ini

Soal:

Tuliskan urutan langkah – langkah untuk mengetahui hasil Output dari program, yaitu dengan menjalankan program / eksekusi program tersebut?

Jawaban:

Analisis Kebutuhan Pembuatan Program, Rencana Desain Sistem, Implementasi Program Atau Coding, Dokumentasi, Menguji Program dan pengembangan progam.

Penjelasan:

beberapa langkah yang perlu dilakukan dalam membuat sebuah program komputer :

• Analisis Kebutuhan Pembuatan Program
Saat hendak membuat program maka tentunya harus mengetahui kebutuhan apa yang dibutuhkan saat ini. Kemampuan Anda dalam menganalisa akan diasah setajam mungkin pada tahap ini. Setelah mengetahui kebutuhan akan sebuah program tertentu. Maka tentunya perlu Anda pikirkan mengenai apa saja komponen atau masukan data yang diperlukan sehingga nantinya bisa menghasilkan sebuah output yang diinginkan.

• Rencana Desain Sistem
Setelah menganalisa kebutuhan akan sebuah program, maka perlu mendesain proses yang menerangkan bagaimana nantinya program tersebut bisa menyelesaikan masalah dan memenuhi kebutuhan yang ada. Pada dasarnya bisa saja langsung melakukan coding dan tidak membuat rencana desain sistem namun jika terjadi kesalahan yang tidak diinginkan pada hasil program tersebut, harus melakukan coding ulang dari awal yang tentunya hanya akan membuang-buang waktu saja. Sebaliknya bisa membuat flowchart atau algoritma tentang rencana desain sistem tersebut. Flowchart biasanya berupa symbol-simbol sedangkan algoritma bisa berupa keterangan-keterangan yang buat secara manual sesuai dengan yang diinginkan.

• Implementasi Program Atau Coding
Setelah merencanakan desain sistem dengan membuat flowchart atau algoritma maka tibalah saatnya untuk melakukan coding atau implementasi program. Pada tahap ini juga termasuk juga kegiatan untuk melakukan testing dan melakukan perbaikan pada error yang temukan. Karena biasanya pasti ada beberapa error yang terjadi setelah Anda melakukan coding. Sebab proses coding merupakan proses yang rumit dan dibutuhkan ketelitian untuk melakukannya.

• Dokumentasi
sebaiknya juga membuat semacam dokumentasi untuk mengarsipkan program-program yang pernah Anda buat. Pendataan itu sangat penting terutama jika sudah membuat banyak sekali program. Jika suatu saat membutuhkan catatan atau code program lama untuk pergunakan kembali dalam mengembangkan program yang baru. Jika tidak memiliki dokumen atau catatan mengenai program-program yang sudah pernah dibuat sebelumnya maka akan kerepotan saat membutuhkan code program tertentu.

•Menguji Program
Pada tahapan ini maka akan menguji program yang sudah selesai dibuat, pada tahapan ini akan menguji setiap modul yang ada, kemudian melakukan input data serta melihat bagaimana program akan menyelesaikan masalah yang ada. Jangan lupa juga untuk melakukan pengujian program pada berbagai situasi yang mungkin terjadi pada saat penggunaannya kelak.

• Pengembangan Program
Pada tahap ini berkaitan dengan pengembangan program berupa update fitur hingga menghilangkan bug yang muncul. Jika program tersebut berhasil biasanya ke depannya pasti akan terus ada pembaruan-pembaruan pada modulnya untuk membuat program tersebut menjadi program yang lebih fungsional bagi para penggunanya.

 

 

Semoga jawaban atau penjelasan diatas dapat membantu kawan kawan ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

Salam sukses selalu

Leave a Comment