Tumor pada tanaman kemungkinan disebabkan oleh infeksi bakteri?

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas persoalan berikut ini

 

Soal:

Tumor pada tanaman kemungkinan disebabkan oleh infeksi bakteri?
A. agrobacterium tumefaciens
B. endomycopsis fibuliger
C. streptococcus thermophilus
D. neurospora sitophila
E. pennicilium regueforti

Jawaban:

A. 𝘈𝘨𝘳𝘰𝘣𝘢𝘤𝘵𝘦𝘳𝘪𝘶𝘮 𝘵𝘶𝘮𝘦𝘧𝘢𝘤𝘪𝘦𝘯𝘴

Penjelasan:

Salah satu jenis penyakit pada tumbuhan adalah penyakit crown gall. Gejala utama penyakit ini adalah munculnya pembengkakan berbentuk bulat atau lonjong, dengan permukaan yang kasar pada bagian pangkal batang atau bagian batang yang berkayu. Pembengkakan ini terlihat seperti tumor. Oleh karena itu penyakit crown gall juga disebut dengan tumor tumbuhan. Penyakit ini diakibatkan oleh infeksi bakteri 𝘈𝘨𝘳𝘰𝘣𝘢𝘤𝘵𝘦𝘳𝘪𝘶𝘮 𝘵𝘶𝘮𝘦𝘧𝘢𝘤𝘪𝘦𝘯𝘴.

𝘈𝘨𝘳𝘰𝘣𝘢𝘤𝘵𝘦𝘳𝘪𝘶𝘮 𝘵𝘶𝘮𝘦𝘧𝘢𝘤𝘪𝘦𝘯𝘴 adalah bakteri penyebab penyakit crown gall atau tumor pada tumbuhan. Tumbuhan yang dapat terserang penyakit ini meliputi lebih dari 140 spesies tumbuhan eudikot (dikotil), termasuk walnut, anggur, pohon kacang, dan gula bit. Bakteri 𝘈𝘨𝘳𝘰𝘣𝘢𝘤𝘵𝘦𝘳𝘪𝘶𝘮 𝘵𝘶𝘮𝘦𝘧𝘢𝘤𝘪𝘦𝘯𝘴 adalah bakteri Gram negatif berbentuk batang, dan merupakan bakteri yang hidup di tanah.

𝘈𝘨𝘳𝘰𝘣𝘢𝘤𝘵𝘦𝘳𝘪𝘶𝘮 𝘵𝘶𝘮𝘦𝘧𝘢𝘤𝘪𝘦𝘯𝘴 menyebabkan gejala dengan cara menyisipkan segmen kecil DNA (T-DNA) dari plasmid nya (plasmid-T) ke dalam sel tumbuhan, dan akan menempel secara acak di dalam genom tumbuhan. Karena kemampuannya menyisipkan DNA ke genom tumbuhan, bakteri ini digunakan sebagai alat untuk teknik rekayasa genetika, yaitu untuk membuat tanaman transgenik. DNA bakteri ini dimodifikasi terlebih dahulu untuk membawa sifat yang diinginkan, baru kemudian bakteri ini akan menyisipkan gen asing tersebut ke tanaman transgenik.

Dengan demikian, tumor pada tanaman kemungkinan disebabkan oleh infeksi bakteri 𝘈𝘨𝘳𝘰𝘣𝘢𝘤𝘵𝘦𝘳𝘪𝘶𝘮 𝘵𝘶𝘮𝘦𝘧𝘢𝘤𝘪𝘦𝘯𝘴 (A).

 

 

 

 

Semoga jawaban atau penjelasan diatas dapat membantu kawan kawan ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

Leave a Comment