Tunggak Dimulainya Orde Baru Adalah…

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

Tunggak dimulainya Orde Baru adalah…

Jawaban:

Jawaban yang benar adalah ‘Tonggak dimulainya masa Orde Baru adalah diangkatnya Letjen Suharto secara resmi menjadi Presiden Republik Indonesia.’

Soal menanyakan tonggak dimulainya Orde Baru.

Penjelasan:

Orde baru merupakan sistem pemerintahan di Indonesia yang menggantikan zaman sebelumnya didasarkan atas koreksi terhadap berbagai penyimpangan. Lahirnya Orde Baru diawali dikeluarkannya Surat Perintah 11 Maret 1966 (Supersemar) oleh Presiden Soekarno kepada Letjen Soeharto. Surat berisi instruksi presiden agar Letjen. Soeharto sebagai Menteri Panglima Angkatan Darat untuk mengambil tindakan dalam rangka menjamin keamanan, ketenangan, dan stabilitas pemerintahan demi keutuhan bangsa dan negara Republik Indonesia.

Berbekal Supersemar, Letjen Suharto segera bertindak cepat dengan melakukan pembubaran PKI dan organisasi massa lainnya yang berkaitan dengan PKI. Setelah itu, Letjen Suharto ditugaskan sebagai pelaksana pemerintahan dalam kabinet Amanat Penderitaan Rakyat (Ampera) setelah melakukan perombakan kabinet dengan memberhentikan sejumlah menteri yang dianggap terlibat dalam G30S/PKI. Keleluasaan Supersemar membuat wewenang Letjen Suharto bertambah luas. Sejak saat itulah dalam pemerintahan Indonesia terjadi dualisme kekuasaan, yaitu Sukarno sebagai Presiden Indonesia dan Letjen Suharto sebagai pejabat presiden.

Dari penjelasan di atas diketahui bahwa ‘Tonggak dimulainya masa Orde Baru adalah diangkatnya Letjen Suharto secara resmi menjadi Presiden Republik Indonesia.’
 

Semoga jawaban dan penjelasan diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment