Unsur Seni Rupa tiga dimensi yang tidak dimiliki seni rupa dua dimensi adalah?

Halo kawan kawan,
Mari kita bahas persoalan berikut ini

Soal:

Unsur Seni Rupa tiga dimensi yang tidak dimiliki seni rupa dua dimensi adalah
a. garis
b. titik
c. warna
d. bidang
e. tekstur

Jawaban:

c. warna

Penjelasan:

Karya seni rupa 3 dimensi mempunyai unsur yang membentuk satu kesatuan sehingga dapat memperindah atau mempercantik karya seni.

Berikut ini unsur-unsur yang membentuk karya seni rupa tiga dimensi :
A. Titik
Titik merupakan unsur karya seni rupa yang paling dasar dan kecil. Titik seperti sebuah bintik dalam seni rupa. Dengan sebuah titik, seseorang bisa mendapatkan ide baru dalam berkarya seperti membuat garis dan bidang.
B. Garis
Garis merupakan goresan atau batas suatu benda, ruang, bidang, warna, tekstur dan sebagainya. Garis mempunyai dimensi yang cenderung memanjang dan mempunyai arah tertentu. Garis juga memiliki beberapa sifat seperti panjang, pendek, horizontal, vertikal, tipis, lurus, berombak, melengkung, tebal, patah-patah, miring, halus
dan lain-lain.
C. Bidang
Salah satu karya seni rupa yang dibentuk atau terbentuk dari
hubungan beberapa garis disebut bidang. Bidang memiliki dimensi panjang, lebar atau bisa disebut juga pipih. Sedangkan bentuk memiliki dimensi panjang, lebar dan tinggi. Oleh sebab itu bentuk mempunyai isi atau volume.
D. Bentuk
Bentuk bisa diartikan sebagai bangun atau plastis. Bangun mempunyai bentuk yang polos, sedangkan plastits bukan hanya dilihat dari bentuknya saja, melainkan ada nilai dan maknanya.
E. Tekstur
Tekstur adalah sifat permukaan sebuah benda seperti kasar, halus, berpori, licin, mengkilap, dan bisa dirasakan lewat indra mata dan peraba. Berdasarkan jenisnya tekstur terbagi menjadi dua macam yaitu tekstur nyata dan semu.

 

 

Semoga jawaban atau penjelasan diatas dapat membantu kawan kawan ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

Salam sukses selalu

Leave a Comment