unsur x nomor atom 16 dan unsur y nomor atom 6. Bentuk molekul yang terjadi jika kedua unsur berikatan dengan aturan oktet adalah?

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas persoalan berikut ini

 

Soal:

unsur x nomor atom 16 dan unsur y nomor atom 6. Bentuk molekul yang terjadi jika kedua unsur berikatan dengan aturan oktet adalah?

 

Jawaban:

Bentuk molekulnya planar bentuk V.

 

Penjelasan:

Nomor atom adalah jumlah total proton suatu atom. Pada atom tidak bermuatan, jumlah elektron sama dengan jumlah proton. Unsur X memiliki nomor atom 16 dan elektron 16 buah. Unsur Y memiliki nomor atom 6 dan jumlah elektron unsur Y juga 6 buah.
Untuk menentukan rumus senyawa dan bentuk molekulnya, perlu dicari elektron valensinya berdasarkan konfigurasi elektron. Konfigurasi elektron adalah susunan elektron berdasarkan kulit atau orbital dari suatu atom. Sehingga konfigurasi elektron dari kedua unsur tersebut adalah:
Konfigurasi elektron:
16X = 2, 8, 6
6Y = 2, 4
Artinya, agar stabil maka unsur X akan menangkap 2 elektron dan unsur Y dapat menangkap ataupun melepas 4 elektron. Kedua unsur tersebut merupakan unsur non logam sehingga ikatan yang dimiliki adalah kovalen.
Rumus senyawanya X2Y. Berdasarkan kaidah oktet, X2Y akan memiliki 2 PEB dari Y, sehingga tipe molekulnya adalah AX2E2. Jadi, bentuk molekulnya planar bentuk V.

 

 

 

 

Semoga jawaban atau penjelasan diatas dapat membantu kawan kawan ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

Leave a Comment