Untuk Menyalurkan Bakat Dan Minat Siswa Sma Bina Bersaudara Medan, Kepada Siswa Dibagikan Formulir Identitas Guna Mengetahui Kegemaran Tiap Siswa. Hal Itu Dilakukan Agar Sekolah Dapat Membina Bakat Dan Minat Siswa Secara Benar. Pembinaan Tersebut Dimasukkan Sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler. Ektrakurikuler Merupakan Kegiatan-kegiatan Yang Dilakukan Di Luar Kurikulum Inti.

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

Untuk menyalurkan bakat dan minat siswa SMA Bina Bersaudara Medan, kepada siswa dibagikan formulir identitas guna mengetahui kegemaran tiap siswa. Hal itu dilakukan agar sekolah dapat membina bakat dan minat siswa secara benar. Pembinaan tersebut dimasukkan sebagai kegiatan ekstrakurikuler. Ektrakurikuler merupakan kegiatan-kegiatan yang dilakukan di luar kurikulum inti.

Dari formulir yang dibagikan itu, dapat dikenali berbagai bakat dan minat siswa. Meskipun tidak semua bakat dan minat siswa itu terpenuhi di sekolah, pihak sekolah mengetahui kegemaran siswa. Dengan cara itu, sekolah dapat mencarikan wadah untuk menyalurkan bakat dan minat siswa. Berdasarkan isian tersebut, diketahui ada lima jenis kegemaran utama siswa SMA Bina Bersaudara Medan, yaitu bola basket, seni tari, melukis, menyanyi, dan seni peran sebagaimana disajikan dalam tabel berikut.

Kata itu pada kalimat ke-3 paragraf ke-2 di atas merujuk pada …
(A) menyalurkan bakat
(B) mengisi formulir
(C) mengetahui kegemaran
(D) mengetahui minat
(E) membina ekstrakurikuler

Jawaban:

Jawaban yang tepat adalah pilihan B.

Penjelasan:

Kata rujukan adalah kata yang digunakan untuk mengacu pada suatu hal untuk mendapatkan keterangan lebih lanjut.

Berikut adalah beberapa penggunaan kata rujukan.
1. Kata yang digunakan untuk merujuk kepada orang, seperti orang pertama, orang kedua, atau orang ketiga.
2. Kata yang digunakan untuk menunjukkan jarak lokasi tersebut, seperti ini, itu, sana, sini, begini, dan begitu.

Kata rujukan pada kalimat ketiga terdapat pada frasa “dengan cara itu”. Frasa tersebut merujuk pada sebuah cara yang telah disebutkan pada kalimat-kalimat sebelumnya, lebih spesifik pada kalimat pertama. Cara yang disebutkan pada kalimat pertama adalah dengan mengisi formulir yang dibagikan pada siswa.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan B.
 

Semoga jawaban dan penjelasan diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment