Untuk Soal Nomor 66 Sampai Dengan Nomor 75, Pilihlah Jawaban Yang Paling Tepat Berdasarkan Fakta Atau Informasi Yang Disajikan Dalam Setiap Teks!

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

Untuk soal nomor 66 sampai dengan nomor 75, pilihlah jawaban yang paling tepat berdasarkan fakta atau informasi yang disajikan dalam setiap teks!

Dalam pertandingan bulu tangkis, Arman selalu kalah melawan Bambang, tetapi dalam cabang olahraga yang lainnya ia selalu bertanding melawan Bambang. Candra selalu menang dalam pertandingan tenis meja melawan Bambang, tetapi dalam cabang bulu tangkis ia akan Kalah bila bertanding melawan Arman. Dudi adalah pemain bulu tangkis terbaik tetapi dalam cabang tenis meja dia tidak sebaik Bambang. Dalam cabang tenis meja, Edi lebih baik daripada Arman sedangkan dalam cabang bulu tangkis ia menempati urutan tepat di bawah Dudi.

68. Untuk cabang olahraga bulu tangkis, ranking pemain terbaik manakah yang paling tepat dari urutan di bawah ini?

A. Dudi – Edi – Arman – Bambang – Candra
B. Bambang – Arman – Dudi – Edi – Candra
C. Dudi – Edi – Bambang – Arman – Candra
D. Bambang – Dudi – Edi – Arman – Candra
E. Dudi – Edi – Candra – Bambang – Arman

Jawaban:

Jawaban yang tepat adalah C.

Penjelasan:

Setiap teks memuat pokok informasi, yaitu informasi inti yang menjadi fokus pembahasan dalam teks. Dalam teks di atas dijelaskan beberapa informasi penting, yakni sebagai berikut.
1. Arman selalu kalah melawan Bambang, tetapi dalam cabang olahraga yang lainnya ia selalu bertanding melawan Bambang.
2. Candra selalu menang dalam pertandingan tenis meja melawan Bambang, tetapi dalam cabang bulu tangkis ia akan Kalah bila bertanding melawan Arman.
3. Dudi adalah pemain bulu tangkis terbaik tetapi dalam cabang tenis meja dia tidak sebaik Bambang.
4. Dalam cabang tenis meja, Edi lebih baik daripada Arman sedangkan dalam cabang bulu tangkis ia menempati urutan tepat di bawah Dudi.

Berdasarkan ilustrasi informasi yang disajikan, cabang olahraga yang disebutkan dalam teks ada dua, yaitu cabang tenis meja dan bulu tangkis. Berikut ini adalah hasil analisis permainan di setiap cabang olahraga.

1. Bulu tangkis: Bambang > Arman; Arman > Candra; Dudi > Arman; Dudi > Bambang; Dudi > Candra; Dudi > Edi.
2. Tenis meja: Arman > Bambang; Candra > Bambang; Bambang > Dudi; Edi > Arman.

Berdasarkan penjelasan tersebut, pemain terbaik yang unggul dalam cabang bulu tangkis adalah Dudi. Hal tersebut dapat diketahui melalui pernyataan kalimat ketiga, yaitu “Dudi adalah pemain bulu tangkis terbaik.” Selanjutnya, orang yang berada pada urutan kedua adalah Edi. Lalu, urutan ketiga merupakan orang yang menang melawan peserta lainnya, yaitu Bambang. Urutan keempat adalah Arman sebab Arman dapat memenangkan pertandingan melawan Candra. Sementara itu, urutan terakhir pemain bulu tangkis sesuai dengan isi teks adalah Candra.

Berdasarkan penjelasan tersebut, berikut ini urutan terbaik dalam permainan cabang bulu tangkis.
1. Dudi.
2. Edi.
3. Bambang.
4. Arman.
5. Candra.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.

Semoga bisa membantu, ya.
 

Semoga jawaban dan penjelasan diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment