Upaya-upaya Penyelesaian Konflik Dengan Bentuk Pengendalian Yang Dilakukan Melalui Lembaga-lembaga Tertentu Untuk Mendapatkan Keputusan Yang Adil Merupakan …..

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

Upaya-upaya penyelesaian konflik dengan bentuk pengendalian yang dilakukan melalui lembaga-lembaga tertentu untuk mendapatkan keputusan yang adil merupakan …..
1. ajudikasi
2. arbitrasi
3. mediasi
4. konsiliasi

Jawaban:

Jawaban yang benar adalah nomor 4. Konsiliasi.

Konflik sosial didefinisikan sebagai pertikaian antara perseorangan maupun kelompok disertai dengan segala upaya untuk menjatuhkan pihak lawan. Konflik disebabkan oleh banyak faktor, seperti perbedaan pendapat antar individu atau kelompok, perbedaan kepentingan, perbedaan kebudayaan, dan perubahan sosial yang terjadi secara cepat.

Salah satu bentuk pengendalian konflik adalah konsiliasi. Konsiliasi merupakan bentuk pengendalian konflik yang dilakukan dengan mempertemukan pihak-pihak berkonflik melalui lembaga-lembaga tertentu yang memungkinkan diskusi dan pengambilan keputusan secara adil diantara pihak-pihak yang bertikai. Dalam penyelesaian konflik ini, kedua belah pihak yang berkonflik bertemu dan duduk bersama untuk menyelesaikan konflik yang terjadi dengan cara mendiskusikan dan kesepakatan-kesepakatan tertentu dalam menyelesaikannya.

Beberapa lembaga yang berperan penting yaitu :
1. Lembaga tersebut harus merupakan lembaga yang otonom (tidak berpihak).
2. Kedudukan lembaga tersebut harus monopolistis.
3. Lembaga tersebut harus berperan agar kelompok yang bertikai merasa terikat
4. Lembaga harus bersifat demokratis.

Jadi, jawaban yang tepat adalah nomor 4. Konsiliasi.

 

Semoga jawaban diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment