Uraikan Kepengurusan Bpupki

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

uraikan kepengurusan BPUPKI

Jawaban:

Halo Rian H
Pada awal tahun 1944, Jepang berangsur-angsur mengalami kekalahan dalam Perang Pasifik. Dalam menghadapi situasi kritis tersebut, pada tanggal 1 Maret 1945, pemerintah pendudukan Jepang di Jawa melalui Panglima Bala Tentara XVI, Jenderal Kumakichi Harada, mengumumkan dibentukna Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) atau Dokuritsu Junbi Coosakai
Tindakan itu merupakan langkah konkret pertama Jepang bagi pelaksanaan Janji Koiso tentang kemerdekaan Indonesia kelak di kemudian hari. Badan tersebut beranggotakan 67 orang dan dipimpin oleh Radjiman Wedyodiningrat. Namun dalam menjalankan tugasnya, ia dibantu oleh dua orang yaitu R. P. Suroso dari Indonesia dan Ichibangase dari Jepang. Tujuan dibentuknya BPUPKI adalah untuk mempelajari dan menyelidiki hal-hal penting berkaitan dengan pembentukan negara Indonesia merdeka.

Dengan demikian, badan BPUPKI beranggotakan 67 orang dan dipimpin oleh Radjiman Wedyodiningrat. Namun dalam menjalankan tugasnya, ia dibantu oleh dua orang yaitu R. P. Suroso dari Indonesia dan Ichibangase dari Jepang.

Mapel: Sejarah
kelas: 9 SMP
Topik: Masa Awal Kemerdekaan Sampai Revolusi Indonesia

 

Semoga jawaban diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment