Wilayah Indonesia Menjadi Pertemuan Lempeng Eurasia Dan Lempeng Indo-australia. Jika Kedua Lempeng Ini Bertumbukan, Wilayah Yang Berisiko Terjadi Gempa Adalah ….

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

Wilayah Indonesia menjadi pertemuan lempeng Eurasia dan lempeng Indo-Australia. Jika kedua lempeng ini bertumbukan, wilayah yang berisiko terjadi gempa adalah ….
a. Sulawesi, Maluku, dan Papua
b. Sumatra, Sulawesi, dan Papua
c. Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara Timur
d. Maluku, Nusa Tenggara Barat, dan Papua
e. Bali, Kalimantan, dan Nusa Tenggara Barat

Jawaban:

Wilayah yang berisiko terjadi gempa dimana lempeng Eurasia dan lempeng Indo-Australia bertemu adalah Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara Timur. (Jawaban C)

Penjelasan:

Indonesia memiliki kerawanan tinggi terhadap bencana gempa bumi karena lokasi geologisnya yang berada di pertemuan tiga lempeng besar dunia, yaitu Eurasia, Indo-Australia, dan Pasifik. Pergerakan lempeng ini bisa menyebabkan terjadinya peristiwa gempa bumi. Wilayah-wilayah dengan kerawanan tinggi terhadap gempa bumi biasanya berada dekat dengan zona tumbukan lempeng, seperti di pesisir barat Pulau Sumatra (Sumatra Barat, Bengkulu, dan lain-lain), pesisir selatan Pulau Jawa dan Kepulauan Nusa Tenggara merupakan zona rawan gempa akibat pertemuan lempeng Eurasia dan Indo-Australia, sedangkan Sulawesi, Maluku, dan Papua merupakan zona rawan gempa akibat pertemuan lempeng Eurasia dan Pasifik. Sementara itu, Pulau Kalimantan relatif lebih aman dari bencana gempa karena posisinya jauh dari zona tumbukan lempeng.

Jadi, wilayah yang berisiko terjadi gempa dimana lempeng Eurasia dan lempeng Indo-Australia bertemu adalah Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara Timur. (Jawaban C)

 

Semoga jawaban dan penjelasan diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment