Zaman Megalitikum Yaitu Zaman Batu Besar Karena Manusia Pada Saat Itu Sudah Mampu Membuat Peralatan Dalam Ukuran Besar, Ketrampilan Mereka Sudah Lebih Maju. Kebudayaan Manusia Zaman Tersebut Masih Dapat Dijumpai Di Indonesia, Yang Masih Membuat Peralatan Dari Batu Besar Yaitu Suku Nias. Hasil Budaya Masyarakat Praaksara Pada Masa Megalithikum Berupa Benda-benda Seperti Sarkofagus, Dolmen, Menhir Dan Punden Berundak. Dari Benda-benda Tersebut Menunjukkan Bahwa Manusia Pada Masa Itu Telah Mengalami Kemajuan Yaitu…

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

Zaman megalitikum yaitu zaman batu besar karena manusia pada saat itu sudah mampu membuat peralatan dalam ukuran besar, ketrampilan mereka sudah lebih maju. Kebudayaan manusia zaman tersebut masih dapat dijumpai di Indonesia, yang masih membuat peralatan dari batu besar yaitu suku Nias. Hasil budaya masyarakat praaksara pada masa megalithikum berupa benda-benda seperti sarkofagus, dolmen, menhir dan punden berundak. Dari benda-benda tersebut menunjukkan bahwa manusia pada masa itu telah mengalami kemajuan yaitu…

Jawaban:

Jawabannya adalah sudah mengenal sistem kepercayaan.

Zaman Megalitikum disebut juga dengan zaman batu besar, di mana masyarakatnya menggunakan peralatan dari batu yang berukuran besar. Pada zaman ini, setiap bangunan yang didirikan oleh masyarakat sudah mempunyai fungi yang jelas.

Yaitu bangunan yang digunakan untuk kegiatan persembahan, karena di zaman ini manusia sudah memiliki kepercayaan animisme (percaya pada roh leluhur). Budaya Megalitikum sendiri lebih mengarah pada sebuah pemujaan terhadap roh leluhur.

Kesimpulannya, benda-benda seperti sarkofagus, dolmen, menhir dan punden berundak menunjukkan bahwa manusia pada masa itu telah mengenal kepercayaan.

 

Semoga jawaban diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment